Thursday 9 January 2014

Pepes Tahu Bersejarah

Mari lanjutkan petualangan saya di Riyadh dalam hal masak-memasak. Dulu, pepes tahu ibu atau nenek saya selalu saya tunggu kehadirannya. Dan rasanya sungguh enak, bisa tambah berulang-ulang. Sayangnya mereka sudah tidak ada dan tidak bisa saya tanyakan resepnya karena ketika itupun sama sekali belum tertarik untuk turun ke dapur, apalagi memasak menu tradisional. Anak muda sekalinya ingin terjun ke dapur menu yang ada dalam bayangan mereka adalah menu-menu luar yang biasa tersedia di resto mahal. Mungkin menu tradisional terlalu bosan untuk dimakan. Tapi percaya deh, ketika pergi jauh merantau kamu akan merasakan rindu yang amat sangat pada masakan-masakan masa kecil dan remaja kita. Kemarin baru saja saya main kerumah tetangga atas apartemen saya, Mbak Fitri seorang istri chef di salah satu resto di Riyadh.
Saya membawa serta kedua anak saya (as usual :p) dan di tengah hiruk pikuknya menjaga anak-anak saya saya sempatkan bertanya resep. Mengingat di kulkas ada tahu saya segera terpikir untuk membuat pepes tahu. Saya tanya-tanya cara buatnya sama Mbak Fitri ternyata saya salah kaprah selama ini. Daaaan finally, suami suka bangeeet. "Mantap huney pepesnya" yang selama ini pepes tahu saya ga pernah dipuji. Dan ini pertama kalinya suami suka pepes tahu buatan saya sampai dihabiskan. Yaa..gapapa sih gak dipuji juga, kan masak karena Allah bukan karena suami kan :D. Cuma ketika tahu masakan kita ga pernah dipuji kemungkinannya cuma dua rasanya biasa aja atau bahkan tidak enak atau memang karena tidak suka jenis masakan tersebut. Nah jadi bisa buat bahan evaluasi apa perlu untuk tidak memasak jenis makanan itu lagi atau improve rasa. Nah menyenangkan suami juga berpahala kaaan..inshaAllah karena Allah membuat suami bahagia. Selama ini saya masak pepes tahu hanya menggunakan daun bawang. Dan ternyata menurut mba fitri ini tahu itu rasanya agak tawar sehingga untuk memberikan sensasi pada rasa tahu perlu diberikan tambahan seperti teri atau kerupuk (?). Iya kerupuk yang sudah di goreng bisa sedikit dihancurkan untuk dicampur kedalam tahu. Resep lengkapnya seperti ini :
- Tahu dan teri (kerupuk)
- Bubuk bawang putih
- Irisan sereh (halus)
- Irisan daun bawang
- Daun Salam
- Garam
- Gula
- Irisan cabai (jika ingin pedas)

Cara membuat: campur semua bahan menjadi satu (kecuali daun salam), kemudia letakkan daun salam diatas daun pisang/alumunium foil lalu beri adonan tahu diatasnya, gulung , rekatkan kemudian kukus sampai matang.
karena jarang daun pisang, saya pakai alumunium foil :D

No comments:

Post a Comment