Wednesday 1 April 2015

Bersabarlah dalam Ketaatan

Bersabar dalam ketaatan, dulu aku berpikir what kind of statemant is it? bukankah orang-orang yang taat pasti bersabar? Lambat laun usia bertambah, urusan bertambah, dan semua membutuhkan porsi yang lebih besar untuk memenuhi pikiran, diri ini semakin menyadari bahwa taat harus diiringi dengan kesebaran. Ketika Allah memerintahkan sholat, mungkin saja kita menaatiNya untuk melaksanakan sholat, tapi apakah setiap shalat kita memenuhi haknya untuk tuma'ninah dan memaknai shalat kita? tentu tidak semua orang bisa melakukannya dengan istiqomah. Disinilah fungsi kesabaran untuk menjaga kualitas shalat kita. Hal ini merupakan hanya salah satu contoh, tentu masih banyak lagi contoh yang lainnya. 

Rabb (yang menguasai) langit dan bumi dan apa-apa yang ada di antara keduanya, maka ibadahilah Dia dan berteguh hatilah dalam beribadat kepada-Nya. Apakah kamu mengetahui ada seorang yang sama dengan Dia (yang patut disembah)? [Maryam/19:65]

Dalam web almanhaj.or.id disebutkan bahwa, seorang yang mencari ridha Allâh Azza wa Jalla membutuhkan kesabaran melakukan ketatan-ketaatan di dalam tiga keadaan :
1. Keadaan sebelum ibadah, yaitu meluruskan niat, ikhlas, dan kesabaran dari noda-noda riya'.
2. Keadaan pada dzat (saat) ibadah, yaitu dia tidak lalai dari mengingat Allâh Azza wa Jalla pada saat beribadah, dan tidak bermalas-malasan dalam melakukan adab-adab dan sunah-sunahnya, kemudian dia menyertakan kesabaran sampai selesai dari amalan.
3. Keadaan setelah selesai dari amalan. Yaitu bersabar (menahan diri-red) dari menyebarkannya (amalan yang sudah dilakukannya-red) dan menampakkannya dengan tujuan riya' dan sum'ah dan (menahan diri-red) dari seluruh yang bisa membatalkan amal. Barangsiapa setelah bersadaqah tidak bersabar (tidak bisa menahan diri-red) dari menyebut-nyebut dan menyakiti (orang yang diberi) berarti dia telah membatalkan sadaqahnya". [Mukhtashar Minhâjul Qâshidîn, hlm: 345, karya Imam Ibnu Qudamah, ta'liq dan takhrij: Syaikh Ali bin Hasan al-Atsari]


Semoga Allah selalu menganugerahi kesabaran dalam setiap usaha yang kita lakukan menuju ketaatan kepada Nya. Taat itu berat, sabar itu sulit, namun sabar dalam ketaatan akan membuahkan surga, inshaAllah.

No comments:

Post a Comment