Wednesday 9 July 2014

Berdo'a Ketika Mendapatkan Musibah

Terkisah Ummu Salamah yang begitu sangat mencintai suaminya, seorang yang shalih bernama Abdullah bin Abdul Assad (Abu Salamah). Pernikahan mereka dikaruniai empat orang anak, yakni Salamah, Umar, Zainab, dan Durra. Ummu dan Abu Salamah sangat saling mencintai hingga mereka sangat ingin dipertemukan kembali dalam Jannah.

Hingga sampailah perkataan Ummu Salamah kepada suaminya ”Aku telah mendengar bahwa seorang wanita yang suaminya tiada dan suami itu termasuk ahli surga kemudian wanita tersebut tidak menikah lagi sepeninggal suaminya, maka akan Allah mengumpulkan mereka berdua di surga. Mari kita saling berjanji agar engkau tidak menikah lagi sepeninggalku dan akupun tidak akan menikah lagi sepeninggalmu.”  

Mendengar perkataan istrinya tersbut Abu Salamah kemudian berkata:” Apakah engkau mau taat kepadaku?” Kata Ummu Salamah “Ya.” Abu Salamah berkata lagi “Kalau aku kelak tiada menikahlah! Ya Allah berikan pada Ummu Salamah sepeninggalku nanti seseorang yang lebih baik dari padaku yg tidak akan membuat berduka dan tidak akan menyakitinya.”


Ketika Abu Salamah meninggal karena luka perang yang dideritanya,sungguh sangat menyisakan duka yg mendalam bagi Ummu Salamah. Ia kemudian mengucapkan doa yang telah diajarkan oleh Rasulullah:


إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ اللهُمَّ أْجُرْنِي فِي مُصِيبَتِي، وَأَخْلِفْ لِي خَيْرًا مِنْهَا
“Kita milik Allah semata dan sesungguhnya hanya kepada-Nya semata kita kembali. (QSAl-Baqarah [2]: 156). Ya Allah berilah aku pahala dalam musibah yang menimpaku, dan berilah aku ganti yang lebih baik daripada musibah yang telah menimpa.”
Namun, dalam hatinya Ummu Salamah bertanya-tanya siapakah pengganti yang lebih baik dari suaminya, sedangkan ia sangat setia dan sangat mencintai suaminya. Kemudian datanglah Rasulullah melamar Ummu Salamah, demikianlah Allah mengabulkan doa Abu Salamah agar istrinya dinikahi orang yang lebih baik darinya dan demikian pula Allah mengganti musibah yg dialami Ummu Salamah dengan perkara yang baik, yaitu menikah dengan sebaik-baik manusia. 
Yuk kita amalkan doa ini ketika mendapat musibah : "Inna lillahi wa inna ilaihi raa ji 'uun, Allahumma`jurnii fii mushii batii, wa akhliflii khoiron minha"

No comments:

Post a Comment